blogkombecks
Sedang memuat...

Begini Penampakan Stadion Utama Sumatera Barat

Maket Stadion Utama Sumbar.

Beberapa tahun lagi masyarakat Sumatera Barat akan menikmati fasilitas olahraga, khususnya sepakbola, yang megah dan digadang-gadang akan menjadi venue PON ke-21 tahun 2024 mendatang. Diperkirakan stadion ini akan menghabiskan dana Rp1 triliun hingga Rp1,6 triliun.

"Saat ini pembangunan stadion yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional 2024 tersebut sedang tahap pembangunan diperkirakan akan menghabiskan dana Rp 1,6 Triliun," kata Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

Stadion utama Sumbar dibangun pada lahan seluas 38,5 Hektar yang terletak di Jalan lingkar Duku dan Sicincin, nagari Sikabu, Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman. Stadion ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dari Bandara Internasional Minangkabau karena nanti akan diintegrasikan dengan jalan lingkar dan tol Trans Sumatera yang saat ini sedang dalam pengerjaan.

Pengerjaan pembangunan stadion yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional ke-21 tahun 2024 itu sudah dimulai dengan ditandai dengan Ground Breaking oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Kamis (6/8/2015). Untuk tahap pertama termasuk pematangan lahan menelan biaya mencapai Rp100 miliar.

“Desain Engenering Design (DED) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bangunan gedung sudah selesai diurus. Medan untuk pembangunan stadion memang sangat berat , karena lokasinya berbukit-bukit. Untuk pematangan lahan saja membutuhkan anggaran sebesar Rp. 100 Miliar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Penataan Bangunan dan Lingkungan, Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Pemukiman, Ridha S Putra.

Sedangkan untuk pembangunan sub-struktur, menurut Ridha S Putra, sebesar Rp.140 Miliar, upper struktur 270 miliar, arsitektur Rp.180 Miliar, ME 70 Miliar, lapangan bola dan lintasan atletik sebesar Rp.15 Miliar. Stadion yang dibangun secara bertahap dan dijadwalkan siap pakai pada 2024 ini menggunakan desain tahan gempa dengan tribun separuh tertutup.

Stadion seluas 65 ribu meter persegi ini sudah sesuai dengan standar FIFA dengan kapasitas 40 ribu tempat duduk dan bertipe A. Sayangnya stadion ini tidak dikhususkan untuk sepakbola seperti yang kita lihat di Eropa karena juga dilengkapi dengan fasilitas lintasan atletik.

"Sama seperti stadion lain, pembangunan stadion utama Sumbar juga mencakup pembangunan lapangan bola, lintasan atletik, ruang atlet, tempat duduk penonton dan infrastruktur lainnya," kata Ali Mukhni.

Selain stadion, dilokasi ini juga akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana 4 gedung olah­raga, danau buatan untuk olahraga air, serta satu bukit untuk olahraga sepeda gunung.
Indonesia 4143396626657212152

Beranda item

ADS

Artikel Terbaru

ADS

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!

Ikuti Lewat Email

Ads

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!